Posted by: @gust Nasihin | November 13, 2008

Rahasia Terbesar Motivasi

Apakah gerangan arti sebuah motivasi?, berikut ini mungkin bisa dijadikan pandangan betapa pentingnya sebuah motivasi :

A. Rakyat dari sebuah negara yang masih terjajah berjuang mati-matian sepenuh tenaga, walaupun dengan keterbatasan persenjataan dan tentara, dengan musuh yang jumlahnya besar dan lengkap, dengan senjata dan persedian pangan. Namun toh perjuangan rakyat tadi tetap diperjuangkan tanpa mengenal rasa takut dan gentar. Adalah motivasi untuk merdeka, boleh jadi mereka terdesak mundur, boleh jadi mereka menjadi kurban, boleh jadi mereka tidak bisa menikmati hasil perjuangan mereka, mereka tetap berjuang. Motivasi terbesar mereka adalah kebebasan, bebas menentukan jalan hidup, bebas menentukan nasib, bebas mengeluarkan pikiran, bebas mengatur hidupnya sendiri, itulah yang menjadi motivasi mereka untuk berjuang.

B. Banyak anak-anak sekolah berasal dari keluarga yang tak mampu (miskin red), yang sering terlambat membayar spp perbulan dari sekolah, sekian di antaranya harus mengorbankan perasaan dari rasa malu dari olok-olokan teman, hanya satu harapan anak-anak itu, mereka ingin belajar bersama, ingin pintar bersama, ingin lulus dan bisa bekerja bersama teman-temannya. Mereka  ingin bertanggung jawab terhadap orang tuanya, yang telah membesarkanya, yang telah mengasihinya. Maka kekurangan itu mereka jadikan cambuk keras, motivasi terbesar untuk tetap bertahan. Dengan segala daya, menjadi tenaga serabutan, penjaja koran dan kue untuk menebus uang Sppnya, supaya tidak ketinggalan tema-temanya. itulah motivasi dari mereka yang terbesar.

C. Sepasang anak muda yang sedang memasuki remaja, saling mengenal dan belajar bersama untuk menjalani kehidupan yang lebih kompleks, yaitu rumah tangga. Belajar sedikit demi sedikit dari mulai pacaran, menikah dan momong bayi, menyediakan susu dan makanan bersama. Mereka berharap bisa seperti yang lain, bisa meneruskan generasi yang akan memikul tanggung jawab dari negara maupun Agamanya. Keluar dipagi hari, pulang menjelang malam, memilah dan memilih dari makanan yang yang berserakan, namun harus ditebus dengan keringat dan pikiran mereka, tanpa kenal lelah. Hanya satu tujuan, pulang membawa makanan untuk disantap bersama, belajar bersama, meneruskan generasi mereka yang selalu berganti dari masa kemasa. Hanya satu harapan mereka menjadi orang tua yang berguna bagi generasinya. Itulah rahasia terbesar motivasi mereka.

D. Orang kaya yang sudah tidak kekurangan uang, sandang, pangan dan papan tercukupi. namun toh tetap pergi kerja dipagi hari, seharusnya tidak bekerjapun mereka tidak kekurangan. beda dengan sebagian yang harus susah payah untuk makan hari itu. Mereka ingin tetap exis tetap berkarya, menyumbangkan ilmu dan ketrampilan, mungkin sebagian diantaranya mau berbagi dan mengangkat yang lain dari keterpurukan, walau ada juga yang tidak. Mereka ingin tetap hidup selamanya, walau terkesan menyalahi alam. Namun mereka tetap mengusahakanya. Artinya mereka ingin exis dan mengisi hidup yang lebih berguna, dan tetap hidup namanya sekalipun jasad tiada suatu saat nanti. Itulah rahasia terbesar motivasi  

E. Pada zaman kenabian dahulu kala, Muhammad. Saw maupun sebelumnya, sang penggembala domba diwaktu kecil dan membantu berdagang diwaktu dewasa, berumah tangga dan menerima wahyu untuk disampaikan kembali kepada sesama. Untuk memperbaiki moral masyarakat saat itu, menjadi tugas berat dan tanggung jawab yang telah diberikan. Tiada kebaikan ditanah sendiri membuat Beliau harus hijrah meninggalkan kota, membangun peradapan baru untuk kemudian kembali dengan membawa panji-panji perjuangan untuk perbaikan sebuah peradaban. Beliau tidak ingin suatu bentuk peradaban yang salah berlangsung ribuan bahkan jutaan tahun berikutnya, karena itulah saat itu, Beliau dengan gigih memperjuangkanya. Sampai saat ini kita hidup didalamnya, bersyukur atas perjuanganya. Selalu ada perjuangan disana, sekalipun manusia pilihan Tuhan, yang bisa minta apa saja dan kapan saja, namun tetap diberikan kesempatan dan bekal untuk berjuang. Perbaikan peradapan yang diharapkan, itulah rahasia terbesar motivasinya.

Agust Nasihin,Penulis aktif di blog ,meresensi buku, membuat ringkasan tulisan dan artikel-artikel lainya, Anda bisa bergabung di http://id.shvoong.com/aff-5398E/ atau berkunjung di http://id.shvoong.com/tags/agust-nasihin/

 

Dapatkan informasi lain dengan berkunjung di websitenya :

www.1001on.com
www.igogel.com

Untuk mendownload Antivirus Gratis ! tersedia disini:

http://e-master.co.cc/


Responses

  1. Terus improve teknik menulisnya Mas Agust. Sukses menanti Anda.
    Salam
    ~ ez

  2. Terimakasih pak Edy, Selamat atas terbitnya buku baru Rahasia memperoleh nilai 100, Bersama Pendamping penulis bestseller akan membuahkan hasil yang bestseller juga, Semoga!

    ~an

  3. Menurut hemat saya, “Motivasi = Roh Kesuksesan” karena ia adalah energi utama yg menggerakan seseorang menuju sukses. Btw, tulisannya bagus mas Agus. Nice Posting. Mau tukeran link gak Mas?

    http://motivasi-arif.blogspot.com

    • Terimakasih atas kunjunganya, Salam kenal juga Pak Arief. Maaf kalau terlambat balasnya. Artikel motivasi di http://motivasi-arif.blogspot.com nya sangat bagus! Memang kita perlu mengadakan revolusi kesuksesan, dengan tahap-tahap pendukung ketrampilan dan timbunan keberanian. Kesuksesan akan diraih.
      Sekaligus sebagai tukeran linknya.
      Salam sukses selalu

      ~a n ~
      https://goeswriting.wordpress.com

  4. Salam kenal mas Agus. Kunjungi blog ku juga yah…🙂 Mari sama2 berbagi spirit kesuksesan.

    Salam Motivasi Luar Biasa!

    http://motivasi-arif.blogspot.com

  5. makasih mas link anda sdh saya pasang. kutunggu link baliknya!🙂

    Salam Motivasi Luar Biasa!

    http://motivasi-arif.blogspot.com


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: