Posted by: @gust Nasihin | November 3, 2008

Resep 8 Langkah menjadi Entrepreneur ?

Berikut ini beberapa hal tentang Entrepreneur : 

1. Bertahan saat sulit untuk suatu tujuan yang ingin dicapai

Setiap orang pasti mengalami masa-masa sulit, baik yang berpendidikan maupun tidak, baik yang beruang maupun tidak , baik yang muda maupun yang tua. Ada masa-masa pembelajaran yang menguras tenaga, pikiran yang semuanya, apabila seseorang bisa melewati dengan bersabar hati dan sambil memperkuat diri sendiri dengan menambah ilmu, ketrampilan maupun modal materi, guna selanjutnya untuk mewujudkan suatu tujuan yang sudah menyatu dan termemori dalam cetak biru seseorang.

2. Punya Komitment

Apapun bisnis seseorang, baik skala kecil maupun besar, selalu memerlukan sebuah komitment. Komitment berarti sikap atau prinsip berpegang teguh pada pendirian yang sesuai hati nurani seseorang yang menjadi acuan  dalam pencapaian yang terbaik. Tanpa komitment, tidak akan bisa terus berkarya, dan menyerah begitu saja, saat menghadapi kesulitan. Komitment menumbuhkan kepercayaan akan intregritas seseorang.

3. Berani berubah dan mengambil keputusan

Kata orang bijak, Anda lima tahun lagi  tidak pantas lagi diposisi seperti Anda sekarang. Maksudnya bahwa lima tahun merupakan waktu yang cukup untuk sebuah pembelajaran, untuk kemudian bisa menambah kepercayaan diri berdasarkan pengalaman, ilmu dan ketrampilan untuk selanjutnya bisa mengambil keputusan untuk melakukan perubahan dalam hidup kearah lebih baik. Bila selama 5 tahun tidak ada perubahan yang significant dalam karir, kesejahteraan, spiritualitas maka saatnya Anda mengambil keputusan, sekarang atau tidak sama sekali. Berani mengambil keputusan untuk maju, bisa dengan merubah cara-cara yang biasa menjadi yang tidak biasa (dalam hal ositif). Untuk meraih prestasi yang tidak biasa!

4. Selalu punya lebih 1 cara mengatasi masalah

Orang lemah selalu punya satu cara untuk membenarkan sikap pesimisnya dalam menghadapi suatu masalah. Dia akan bilang “ini sulit, itu susah, itu tidak mungkin” dan sebagainya. Selalu punya cara untuk menutupi kelemahanya. Sementara orang cerdas selalu punya satu kelebihan cara untuk memecahkan suatu masalah. Kadang baik utuk orang lain tetapi belum tentu baik bagi diri sendiri, karena setiap orang punya kepentingan dan keinginan. Maka tetapkan prinsip kemandirian Anda dan selalu berfikir jernih, cerdas dan yang penting berani mengambil keputusan untuk mengadakan perubahan yang tepat demi peningkatan taraf hidup Anda.

5. Bisa melihat kesempatan positif dan optimis

Kadang kesempatan positif datang berulang kali tanpa kita sadari, namun kadang tidak terulang kembali saat kita membutuhkanya, maka selalu perhatikan lingkungan Anda. ” Kadang kesempatan tidak datang kedua kali”, demikian kata orang bijak. Seseorang kadang hanya diberi satu kali kesempatan. Bila saat kesempatan datang di undurkan maka lain kali mungkin tidak akan datang kembali. Jadi bagi Anda yang mengalami stuck dalam karier jangan putus asa, itu bukan berarti anda lemah. Anda hanya perlu mencari tempat yang tepat sesuai kemampuan Anda. Tidak semua yang lemah itu kelemahan. Mario Teguh (Pemotivasi dalam “Gold Ways” berkata, Tidak perlu tenaga besar untuk memutarkan jarum jam, maka tepatkan posisi Anda pada tempat yang sesuai dengan kemampuan Anda, maka Anda akan berharga.

6. Bisa membedakan menjual dan berdagang

Orang akan menjual barang daganganya dengan harga lebih murah dibanding dengan barang yang lain yang serupa hanya supaya laku  maka itu disebut berdagang. Sedangkan menjual berarti Anda mempromosikan kelebihan mutu,atau  keprofesionalan Anda untuk selanjutnya untuk dihargai yang lebih tinggi dari yang sewajarnya. Itu berarti Anda sukses menjual!

7. Iklas menjadi baik, dan lihatlah apa yang terjadi!

Mario Teguh berkata”Iklaslah berbuat baik, kemudian lihatlah apa yang terjadi!”, Kadang baik tidak selalu berada di tempat yang baik, bahkan sebaliknya, itulah tantangan. Bisa juga ada saat lingkungan memaksa Anda  untuk harus  mengikuti prinsip orang lain yang mungkin tidak sesuai hati nurani, itu berarti Anda kurang tepat posisinya. Sebaiknya Anda bersabar dan mencari solusi dan waktu yang tepat untuk tetap berpegang teguh sesuai keyakinan Anda untuk selanjutnya berani mengambil keputusan untuk “Berubah!,

8. Merubah diri dari paradigma TDB atau tangan dibawah (karyawan) menjadi TDA atau tangan diatas (Mandiri) istilah Jonru, Pendiri “Belajar Menulis Online”, banyak pengusaha (orang-orang yang telah mandiri untuk menggaji diri sendiri) yang tadinya karyawan biasa, merubah diri untuk maju dan mandiri, hingga sukses, Anda pun pasti bisa!, dari 8 langkah diatas mungkin masih kurang setidaknya Anda telah memiliki beberapa resep Entrepreneur. Tinggal melaksanakanya saja, Salam!

 

Agust Nasihin,Penulis aktif di blog ,meresensi buku, membuat ringkasan tulisan dan artikel-artikel lainya, Anda bisa bergabung di http://id.shvoong.com/aff-5398E/ atau berkunjung di http://id.shvoong.com/tags/agust-nasihin/

Dapatkan informasi lain dengan  berkunjung di websitenya :

www.1001on.com
www.igogel.com

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: