Posted by: @gust Nasihin | June 30, 2008

Penjernihan dari sisi lain dalam hidup

Setelah penat berhari-hari melakukan rutinitas sehari-hari setiap orang akan menemukan kejenuhan. Titik puncak dimana saat itu perlu sisi lain yang mungkin belum pernah dicoba untuk dijadikan sarana refreshing. Misalnya saja seorang pekerja kantor yang sehari-hari berkutat dengan komputer yang mengerjakan itu-itu saja. Cobalah melakukan hal-hal lain yang mungkin akan mendatangkan ide-ide baru untuk berwiraswasta:

Sebagai contoh, Mengunjungi peternakan sapi susu atau sapi perah. Penulis kebetulan saatitu mengunjungi sebuah peternakan sapi perah di daerah Batu , Malang Jatim misalnya. Bersama teman, kemudian mendatangi sang pemilik sapi perah dan melanjutkanya dengan bincang-bincang yang menyegarkan, dimana hal-hal baru yang yang bisa dipelajari.

 

Adalah Selamet, sang pemilik sapi perah itu, Beliau memiliki kurang lebih 20an ekor sapi perah ada yang sedang bunting, yang menyusui tapi di sapih sehingga air susunya bisa diambil. Rata-rata perharinya minimal 13 liter air susu bisa diperah dari seekor sapi. Harga satu liter air susu sapi segar Rp 3500; sang pemilik sapi perah tidak perlu menjualnya langsung, KUD akan mengambilnya setiap hari. Dari hasil perbincangan dengan pemilik peternakan sapi perah, ternyata tidak terlalu susah untuk berwiraswasta di bidang peternakan sapi ini. Cukup dikasih makanan dari rumput gajah atau jerami padi 3 x sehari ditambah konsentrat, dan dimandikan minimal 3 hari sekali, kotoranya bisa dibuat biogas.

Untuk harga sapi yang baru lahir kira-kira berumur tiga bulan Rp 3500,000; untuk yang sudah dewasa, kira-kira berumur 2 tahun dan sudah siap dibiakan atau bunting seharga Rp 12,5 – 17 jutaan. Pak Selamet berniat menjual 2 ekor seharga 25 jutaan. Suatu harga yang pantas dari jerih payah selama 2 tahun, cukup menggembirakan.

 

Sisi lain yang menyenangkan adalah lingkungan masyarakatnya yang di dominasi peternak sapi yang mempunyai lahan untuk menanam rumput gajah atau king grass sebagai makanan sapi dikelilingi pegunungan hijau dan suasana sejuk menyejukan hati dan pikiran.

Masyarakat daerah ini mempunyai rutinitas kerja yang berbeda, masing-masing mandiri mengurus peternakanya, dibawah pengawasan KUD. Untuk daerah yang dingin sangat cocok namun bukan berarti di daerah yang agak panas di daerah dataran rendah untuk bisa juga memelihara sapi perah ini. Pak Selamet yang masih kelihatan muda diusia 40 tahun dengan pakaian sederhana dan gaya hidup sederhana namun penulis bisa melihat keceriaan dan ketenangan dalam kehidupan sang peternak ini. Yang mungkin tidak dimiliki oleh masyarakat perkotaan, dimana segala sesuatu terasa memenatkan pikiran setiap orang dari rutinitas di daerah perkotaan. Ada bedanya soal hidup di Kota dan di Pegunungan yang menyejukan.

 

Anda bisa mengunjungi kehidupan di pegunungan yang hijau, dingin, penuh rumput hijau dan pepohoinan, rutinitas masyarakat yang baru bagi Anda  bisa mendatangkan inspirasi baru, semangat baru dan mungkin ide-ide bisnis baru Anda. Maka dari itu tidak ada kata bosan dalam hidup. Bahwa bila Anda sedang merasakan kepenatan atau bosan atau jenuh di suatu daerah dari rutinitas yang monoton, Anda bisa berkunjung kedaerah lain,menikmati suasana lain, rutinitas lain, sisi kehidupan lain, dan lihatlah hidup ini dari sisi yang lain,  dimana bisa mendatangkan kejernihan pikiran Anda. Kejernihan dan ketenangan hati mungkin menjadi modal anda mengisi hari-hari mendatang.

 

Nah dari uraian diatas mungkin Anda tertarik dengan dunia lain, sisi lain dari rutinitas Anda selama ini? Yang mungkin bisa mendatangkan inspirasi baru dalam hidup Anda? silahkan berekreasi ke daerah pegunungan pasti beda rasanya!

 

Agust Nasihin,Penulis aktif di blog ,meresensi buku, membuat ringkasan tulisan dan artikel-artikel lainya, Anda bisa bergabung di http://id.shvoong.com/aff-5398E/ atau berkunjung di http://id.shvoong.com/tags/agust-nasihin/ di https://goeswriting.wordpress.com

 

 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: