Posted by: @gust Nasihin | April 24, 2008

9 Resep sederhana mensikapi hidup

9 Resep sederhana mensikapi hidup,

Buatlah Hidup yang Kompleks menjadi Sederhana! Adalah intinya.

Keperluan hidup beserta permasalahanya yang semakin kompleks membuat banyak orang pusing kepala, terutama yang ekonominya kurang atau pas-pasan tidak sebanding dengan keperluan hidup yang semakin beragam. Terutama di kota-kota besar, tuntutan hidup dan persaingan yang semakin terasa,tekanan-tekanan ekonomi maupun persoalan lain. Tidak bisa dihitung berapa banyak yang sudah kehilangan motivasi hidup yang sebenarnya bisa diatasi. Banyak motivator yang memberikan solusi atau spirit supaya bisa mengatasi persoalan hidup. Disini penulis mencoba merenungkan dan menuliskan tip-tips agar hidup ini bisa lebih sederhana dan prkatis tidak tebawa oleh kompleksnya keperluan hidup dan permasalahanya. Berikut ini beberapa pandangan penulis tentang masalah ini:

Pertama,

Coba kembali kepada fitrah Anda di dunia ini, saat Anda dilahirkan,Anda tidak bisa memilih dari keluarga mana Anda akan dilahirkan dan di belahan bumi mana Anda dilahirkan. So Siapapun Anda, Dimanapun Anda,berapa usia  Anda sekarang,Anda tidak punya pilihan selain mensyukuri diri Anda dilahirkan dengan syukur yang mendalam pada Tuhan dan seterusnya Anda masuk ke tahap ke-2

Kedua,

Saat Anda sudah dibesarkan oleh keluarga Anda dan disekolahkan,Anda tidak bisa memilih dari TK,SD sampai Anda masuk SMP. Anda harus mengikuti ajaran sekolah sambil bermain mengisi masa kecil Anda. Setelah lulus SMP Anda sudah mulai memikirkan diri Anda dari mana dan mau kemana? Jika uang biaya sekolah Anda pas-pasan maka pastinya Anda akan memilih sekolah kejuruan agar saat tiga tahun Anda lulus sekolah Anda sudah punya ketrampilan dan bisa bekerja. Tetapi bila keuangan Anda lebih dari pas-pasan dan yakin bahwa Anda tidak akan putus sekolah karena keuangan makan Anda tentunya akan memilih sekolah umum dan harus melanjutkan kuliah sampai selesai atau jika Anda ingin menjadi tukang bikin kopi di kantor Anda nantinya.

Ketiga,

saat Anda sudah menentukan pilihan sekolah baik kejuruan maupun umum,usia sekolah atas biasanya sudah mulai ada tantangan misalnya Anda sudah mulai berpacaran,usia puber ini perlu diwaspadai agar Anda tidak putus sekolah karena salah jalan. Apapun itu jadikan spirit atau pemacu semangat untuk menyelesaikan sekolah Anda. Jika Anda mengambil sekolah kejuruan,Anda masih punya kesempatan untuk langsung bekerja atau mengambil kuliah. Perlu diwaspadai bila Anda memilih bekerja dulu biasanya akan terlena dengan asyiknya dunia kerja dan sekalipun Anda mau mengambil kuliah itu akan mengulur waktu beberapa tahun dan tantangan berikutnya adalah Anda menikah dulu sebelum Anda selesai dari kuliah Anda. Apapun pilihan Anda yakinkan bahwa Anda bisa mengatasinya.Masalah yang timbul kemudian bila Anda menikah sebelum kuliah Anda selesai kemungkinan besar konsentrasi Anda terbagi antara kuliah,rumah tangga dan pekerjaan. Saat di posisi seperti ini masalah akan semakin kompleks bila tuntutan hidup semakin banyak kemungkinan besar Anda putus sekolah. So jadikan pertimbangan agar Anda bisa memilih yang terbaik. Saran saya bila Anda belum terlanjur maka selesaikan dulu sekolah Anda baru tahap bekerja dan menikah.

Keempat,

Bila Anda sudah selesai sekolah maka ada dua pilihan bagi Anda mau buka usaha atau menjadi karyawan di perusahaan. Bila Anda punya ketrampilan tetapi anda belum punya modal Anda bisa bergabung dengan perusahaan sampai jangka waktu tertentu sehingga Anda bisa memutuskan untuk bisa mandiri dan buka usaha sendiri,usaha kecil sekalipun bisa menjadi titik awal bagi Anda untuk bisa hidup mandiri.

Kelima,

Bila Anda sudah bekerja atau memiliki usaha saatnya Anda menikah dan memikirkan penerus Anda, semakin hari Anda semakin tua, dan Anda harus memikirkan anak-anak Anda untuk meneruskan cita-cita hidup Anda.Tentunya bidang pendidikan sangat penting dengan biaya pendidikan yang sudah Anda siapkan semasa Anda bekerja maka diharapkan pendidikan anak-anak Anda bisa selesai sampai sarjana,jika tidak, mereka akan menyalahkan Anda sebagai orang tua karena ketidak mampuan Anda bisa membuat mereka putus sekolah dan itu tidak Anda inginkan bukan?

Keenam,

Bila anak-anak sudah besar dan selesai sekolahnya maka sudah sepantasnya Anda menempatkan diposisi orang tua yang bisa dijadikan contoh anak-anak bahwa Anda bisa membina rumah tangga dengan baik. Biasanya masalah yang timbul dari beberapa kasus yang terjadi dimasyarkat adalah: Bila dari keluarga yang hidup dikota dan kondisi ekonomi pas-pasan maka timbul gejolak yang mengarah pada perceraian,kasus yang terjadi biasanya orang tua baik dipihak perempuan maupun laki-laki menginginkan kebebasan sendiri, setelahmembesarkan anak sekian lama dan tidak memperoleh kelebihan atau kekayaan di rumah tangganya sehingga masing-masing saling menyalahkan dan timbul perselingkuhan dan terakhir perceraian. Kecuali Anda tinggal di daerah pedesaan atau kota kecil yang tidak terlalu berat persaingan dan kebutuhan hidup. Mungkin dengan di desa lebih banyak bisa mensyukuri karena bertetangga dengan orang yang setatus ekonominya menengah kebawah sehingga menempatkan Anda diposisi selalu bersyukur. Berbeda bila Anda tinggal di kota besar, saat pasangan Anda melihat kemewahan dari orang lain dan Anda tidak bisa memberikanya buat pasangan Anda, ototmatis menjadi tekanan hidup yang tak terbantahkan. Kecuali pasangan Anda dan Anda sendiri beserta anak-anak bisa mensikapi secara bijaksana akan hal tersebut.

Ketujuh,

Bila Anda diposisi orang sukses bukan berarti Anda tidak ada masalah,Anda pasti akan mempertahankan kondisi Anda saat sukses dan menyesuaikan diri dengan kehidupan dikota, Dari beberapa kasus biasanya bila sudah memutuskan hidup dikota besar dan mengikuti gaya hidup di kota, kemungkinan sampai tua Anda menghabiskan waktu di Kota,masalahnya adalah, bila Anda tidak mampu mengikuti gaya hidup dikota yang serba mahal dalam apapun, sementara anak-anak maupun pasangan Anda menuntut gaya hidup di kota, maka itu menjadi tekanan berat bagi Anda. Tentunya Anda tidak ingin mempermalukan kondisi rumah tangga Anda menjadi yang termiskin di Kota bukan?

Kedelapan,

Buatlah hidup yang kompleks menjadi praktis atau sederhana, di kota atapun di di desa asalkan Anda bisa mengantarkan anak-anak Anda sampai dewasa dan bisa berumah tangga dengan baik maka Anda sudah sukses sebagai orang tua, sebaliknya bila Anak-anak anda tidak bisa sekolah dan tidak bisa bekerja ataupun tidak punya usaha sebagai mata pencaharian yang bisa diteruskan kepada anak-anaknya nanti, maka Anda gagal sebagai orang tua. Buatlah impian bahwa Anda bisa pensiun, sementara anak-anak Anda sudah bisa mencari nafkah sendiri bagi mereka, itu menjadi nyata. Sehingga Anda bisa menikmati hari tua Anda dengan baik. Anda tidak perlu bekerja sampai seluruh uban rambut Anda merata,itu lebih baik. Transferkan ilmu dan ketrampilan Anda pada penerus Anda secepatnya sehingga saat Anda sudah usia dan tidak mampu lagi bekerja penerus Andalah yang akan bekerja dan meneruskan usaha dan cita-cita Anda.

Kesembilan,

Jangan terlalu larut dengan segala permasalahan, jangan terlalu dipikirkan sehingga melupakan Anda pada hal-hal yang harus Anda kerjakan saat ini. Karena tahap-tahap berikutnya Anda sudah mengetahuinya. Selalu optimis dan saling memotivasi adalah jembatan menuju sukses bersama.

Buatlah Hidup yang Kompleks menjadi Sederhana! Adalah intinya.

 

*Agust Nasihin,Penulis aktif di blog ,meresensi buku, membuat ringkasan tulisan dan artikel-artikel lainya, Anda bisa bergabung di http://id.shvoong.com/aff-5398E/ & http://www.sitesell.com/netsell13.html  atau berkunjung di http://id.shvoong.com/tags/agust-nasihin/  di https://goeswriting.wordpress.com/, atau di http://indogogle.blogspot.com/ 

 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: