Posted by: @gust Nasihin | March 10, 2008

Moto Gp Seri Qatar

9 Maret 2008 merupakan hari yang bersejarah, terutama bagi rider-rider moto gp yang bersaing sengit, dari hasil kualifikasi posisi pol di tempati oleh pembalap muda Jorge Lorenso disusul Toseland semua dari team Yamaha.

Namun Saat perlombaan posisi pertama diduduki oleh C.Stoner diikuti oleh pembalap muda Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa diposisi tiga. Sementara Rossi terpuruk dengan susah payah di posisi ke 5 setelah berhasil disalib oleh Davisiozo di laps-laps terakhir.

Saat awal C.Stoneer masih di posisi 5 , sedangkan V.Rossi memimpin didepan, kemudian disusul J.Lorenzo dan Pedrosa, namun perlahan Rossi tertinggal dan akhirnya semua team yamaha berhasil dipecundangi oleh Ducati.

Yamaha mengejar Ducati, pilihan bagus bagi yamaha dengan mendatangkan pembalap muda baru seperti J.Lorenso, Toseland , yang bisa menjadi alternatif pilihan setelah Rossi yang masih terpuruk dibanding Ducati. Dari balapan di Qatar ini bisa di ambil kesimpulan sementara bahwa Yamaha masih mampu menyaingi Ducat. Tinggal mengejar lebih dari 3 detik, maka Yamaha menjadi yang terdepan.

Jalanya balapan: dikutif dari detik.com

Jalannya Balapan
Memulai balapan dari posisi delapan, Pedrosa melakukan start gemilang di Sirkuit Losail, Senin (10/3/2008) WIB. Memasuki tikungan pertama, rider Spanyol itu sudah berada di posisi terdepan, menyalip tujuh pembalap di depannya.

Start cukup baik juga dilakukan Rossi yang langsung naik dua strip ke posisi lima, menyalip Stoner yang turun dua anak tangga ke urutan enam. Sementara Lorenzo merosot ke posisi empat di belakang Colin Edward dan Toseland.

Melewati lap kedua terjadi perubahan di posisi saat Toseland menyalip Edward untuk mengklaim posisi dua. Sementara Rossi yang berusaha keras menyusul rekan setimnya, Lorenzo, akhirnya berhasil naik ke posisi tiga sebelum menuntaskan putaran ketiga.

Setelah Stoner naik ke posisi empat di lap tiga, Rossi yang sudah membayangi Pedrosa akhirnya mencuri posisi terdepan di lap empat. Posisi empat besar hingga lap ini ditempati Rossi, Pedrosa, Lorenzo dan Stoner.

Memasuki lap tujuh Stoner mulai panas. Diawali dengan aksinya mengambil alih posisi tiga dari Pedrosa, di lap yang sama sang juara dunia sudah membayangi Rossi dengan ketat setelah sebelumnya gantian Lorenzo yang dia susul.

Stoner akhirnya memimpin balapan untuk kali pertama saat memasuki lap delapan. Keunggulan tenaga Ducati ternyata belum mampu diimbangi Yamaha karena Rossi kehilangan posisinya saat melintas di trek lurus start/finish jelang tikungan pertama.

Posisi The Doctor kemudian malah kembali turun setelah dibalap juniornya di Yamaha. Memasuki lap sembilan posisi terdepan diisi Stoner, Lorenzo, Rossi, Pedrosa, Davidzio, Toseland dan Edward.

Setelah sepuluh lap Stoner dan Lorenzo mulai menciptakan gap dengan pembalap di belakangnya, selisih Lorenzo dengan Rossi di posisi tiga mulai merenggang di atas satu detik.

Saat balapan tersisa delapan lap, Rossi terlempar dari posisi podium terakhir. Tempatnya di urutan tiga diambil Pedrosa. Kalau Lorenzo mampu bersaing di posisi depan, nasib debutan lainnya tak terlalu bagus, saat balapan masuk lap 17 Alex de Angelis mengalami kecelakaan yang memaksanya mengakhiri seri perdana di motogp dengan status DNF.

Sementara itu Rossi yang tertinggal jauh dari Stoner malah harus berjuang keras untuk menghadapi tekanan yang datang dari debutan lainnya, Dovizioso. Sempat beberapa kali saling susul, Rossi akhirnya harus merelakan posisi empat miliknya hilang diambil sang junior di lap terakhir.


Hasil MotoGP Qatar

1. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 42min 36.587 secs
2. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 42min 41.910 secs
3. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (M) 42min 47.187 secs
4. Andrea Dovizioso ITA JiR Scot Team (M) 42min 49.875 secs
5. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 42min 49.892 secs
6. James Toseland GBR Yamaha Tech 3 (M) 42min 50.627 secs
7. Colin Edwards USA Yamaha Tech 3 (M) 42min 51.737 secs
8. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 43min 9.092 secs
9. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 43min 9.590 secs
10. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 43min 14.941 secs
11. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 43min 20.871 secs
12. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team (B) 43min 26.444 secs
13. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 43min 26.458 secs
14. Toni Elias SPA Alice Team (B) 43min 35.119 secs
15. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 43min 35.517 secs
16. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 43min 42.230 secs
17. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 1 lap

Sementara di Kelas 250cc, Doni Tata Pradita di posisi 17.

Balapan berikutnya di Jeres 30 maret 2008.

@gust Nasihin


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: