Posted by: @gust Nasihin | March 5, 2008

CAD Operator Go Internasional

Bagi anda khususnya DrafterCAD yang sudah profesional dalam hal ini sudah mempunyai pengalaman yang cukup didukung dengan kemampuan komputer yang baik, bisa mengembangkan diri dengan mengajukan lamaran kepada perusahaan perusahaan asing diluar negeri, perlu diketahui DrafterCAD atau CAD Operator di luar negeri dihargai sangat mahal, bagi yang sudah berpengalaman gaji Drafter CAD diluar negeri, berdasarkan survey rata-rata di internet berkisar antara 2000 Dolar Amerika sampai 4,000 Dola Amerika, sungguh suatu penghasilan yang fantastik, bila dibandingkan dengan gaji DrafterCAD berpengalaman di dalam negeri yang berkisar 3,000,000; Rupiah. Sementara biaya hidup sekarang tidak mengenal kalangan,hampir tiap tahun naik 15% , tidak berbanding lurus dengan kenaikan gaji pegawai dan semua kebutuhan sehari-hari mahal dan gaya hidup konsumtif yag sudah biasa, dan mengikuti trend modern dengan trend-trend barunya di bidang teknologi, membuat geleng-geleng kepala, pusing mengaturnya.

Seperti di utarakan oleh ahli perencanaan keuangan terkenal Safir Senduk, bahwa mengurangi pengeluaran yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan sesuai kebiasaan adalah sulit, langkah satu-satunya jalan untuk memenuhi kebutuhan hidup di Kota, adalah mencari sumber penghasilan tambahan, sehingga bisa menutup segala kekurangan. Karena itu bagi anda yang berjiwa muda, menyukai tantangan baru, mau belajar hal baru, senang merantau, senang bergaul dengan orang dari kultur budaya yang berbeda, bekerja di luar negeri adalah suatu alternatif pilihan, tentunya dengan bekal ilmu pengetahuan yang cukup dan kemauan keras, disiplin dan kerja keras. Dengan mindset sukses, berkembang dan selalu belajar dan tidak mengenal kata putus asa, akan bisa menembus pasar kerja Internasional dan harus siap bersaing dengan tenaga kerja asing.

Ada beberapa hal atau syarat untuk bisa bekerja di Luar Negeri antara lain sebagai berikut:

1.      Usia Produktif.

Yaitu usia 20-35 tahun untuk bekerja yang memerlukan kekuatan fisik atau otot, sedangkan untuk pegawai kantor dan tidak memerlukan kekuatan fisik yang berat berkisar 20-45 tahun.Drafter yang bekerja dengan komputer memiliki peluang yang lebih lama sampai usia 45 tahun pun, bila sudah mempunyai sponsor atau perjanjian dengan perusahaan asing diluar negeri, maka usia 45 tahun masih bisa, yang penting punya jiwa muda, semangat muda dan memiliki minsed sukses. Sehingga usia tua tidak menjadi halangan untuk terus berkarya.

2.      Fisik Sehat

Dengan motivasi sukses, mindsed sukses, semngat baja, siap belajar hal baru, harus pula disertai tubuh atau badan yang sehat. Hal ini bisa diusahakan dengan menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, berolah raga teratur dan istirahat yang cukup.

3.      Siap Mental

Bekerja di negeri orang lebih berat dibandingkan di tanah air, karena disana dituntut untuk memenuhi kebutuhan sendiri, dalam arti setiap orang harus bertanggung jawab atas diri sendiri, bersikap mandiri menjadi persyaratan mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Siapa ingin sukses diluar negeri harus lebih dulu menyiapkan mental, pemahaman diri tentang tujuan hidup, tujuan masa depan, dan mempunyai planing yang jelas. Misalnya saat dikontrak dengan perusahaan asing diluar negeri selama tiga tahun, maka harus direncanakan betul-betul, menabung setiap saat dan bila saat kembali ketanah air tiba, sudah memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha sendiri atau bergabung lagi dengan perusahaan lokal. Namun biasanya dari pengalaman teman-teman yang cukup lama tinggal di luar negeri kemudian kembali ketanah air, mereka akan lebih senang berwiraswasta daripada menjadi karyawan. Karena sudah menjadi kebiasaan hidup dengan mandiri dan biasa memanajemen hidupnya secara mandiri pula.

4.      Bebas dari Hukuman

Syarat formal untuk melamar kerja kelua negeri biasanya akan diminta Surat Kelakuan Baik dari Polisi setempat, sebagai bentuk informasi formal bahwa seseorang sedang tidak terlibat suatu kasus kriminal, atau proses hukum di tanah air. Seperti contoh para tersangka koruptor yang sudah diputus hukuman dari pengadilan, sekalipun tidak dipenjara, maka ia tidak boleh bepergian keluar negeri.

5.      Bebas Penyakit berbahaya

Bila ingin bekerja di luar negeri, sekalipun tidak memerlukan tenaga otot atau fisik yang berat, dituntut pula sehat jasmani dan rohani. Tidak sedang mengidap penyakit berbahaya dengan menunjukan hasil test yang disebut medical check up dari rumah sakit yang di tunjuk rujukanya.

6.      Tidak tersangkut Politis

Demikian juga bila tersangkut masalah politis ditanah air, tidak akan mendapat ijin untuk meninggalkan tanah air, sekalipun untuk mencari kerja. Sehingga hal ini perlu dihindari .

7.      Tidak Terlibat Narkoba atau obat-obat terlarang.

Jaman sekarang sangat rentan bagi para generasi muda untuk memasuki dunia obat-obatan terlarang, seperti Ganja, Heroin, Estacy dan lain-lain.dengan test air seni bisa dicheck bahwa seseorang masih atau telah menggunakan obat-obatan terlarang. Sehingga syarat mutlak untuk bisa bekerja diluar negeri dan ingin sukses, maka harus menghindari obat-obatan terlarang.

8.      Pendidikan Formal yang cukup

Dengan modal pendidikan resmi dari bangku sekolah di tanah air, dari SD, SMP, SLTA dan Perguruan tinggi. Menjadi modal dasar untuk bekerja diluar negeri sesuai bidangnya. Drafter adalah salah satu pekerjaan yang memerlukan skill atau kemampuan teknis tersendiri sehingga bisa menjadi tenaga Drafter di luar negeri yang handal.

9.      Pelatihan atau Pengalaman Kerja yang cukup

Pengalaman kerja di tanah air menjadi bekal sangat berharga untuk bisa bekerja di luar negeri. Sebagai drafter yang sudah berpengalaman kerja didalam negeri, diberbagai sektor proyek, baik proyek-proyek swsta maupun proyek-proyek pemerintah menjadi tambahan poin utnuk menembus pasar kerja internasional. Biasanya saat wawancara akan ditanyakan mengenai proyek-proyek apa saja yang pernah dikerjakan. Khususnya bangunan gedung biasanya akan ditempatkan diproyek-proyek high rise building atau bangunan gedung tinggi, sehingga bila sudah ada pengalaman dibidang yang sama akan lebih memudahkan dalam bekerjanya nanti.

10.  Pengetahuan Bahasa dan Budaya

Selain pendidikan formal, biasanya akan ditambahkan  modal berupa, pelatihan kusus, misalnya pelatihan bahasa dan budaya. Kemampuan menguasai bahasa asing sesuai negara tujuan, sebagai suatu keharusan sebagai bekal percakapan dalam kehidupan sehari-hari disana. Minimal bisa tahu baha percakapan sehari-hari dan pelatiha budaya untuk mengenal budaya hidup di negeri orang. Karena beda negara beda pula aturan hidup atau adat istiadatnya sehingga sebanyak mungkin dibekali pengetahuan budaya negara tujuan akan membantu tenaga kerja dalam beradaptasi dan mudah menyesuaikan diri

11.  Pengetahuan Lokasi atau Negara Tujuan

Sebelum berangkat menuju ke negara tujuan, diwajibkan untuk mengetahui peta wilayah negara tujuan, terutama didaerah mana nantinya akan ditempatkan. Nama daerah, nama kota, nama-nama temapt umum, seperti mall, supermarket, stasiun bus, stasiun kereta, bandar uadara, runah sakit dan lain-lain. Di toko-toko buku banyak dijual buku panduan travel dan toru atau perjalanan wisata dan peta-peta dari berbagai negara sehingga bisa dijadikan panduan untuk memasuki negara tujuan.

@gust Nasihin


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: