Posted by: @gust Nasihin | February 21, 2008

“BELAJAR LEBIH DINI LEBIH BAIK!-2”,

“BELAJAR LEBIH DINI LEBIH BAIK!”, Waktu tidak bisa diulang , kita tidak bisa seperti cerita khayalan dalam film-film Holywood, yang menggambarkan, orang kembali kemasa lalu untuk memperbaiki kesalahannya. Namun cerita waktu terus berlalu, karena itu ridak ada alas an satupun untuk kita tidak segera mengajarkan ana-anak kita, anak-anak didik kita untuk memberikan lilin penerangan kemana arah tujuan hidupnya kelak.Semua anak sama, terlahir dengan tidak membawa apa-apa , orang tua dan lingkungan lah yang akan mendidik anak itu menjadi generasi penerus. Karena itu kita ajarkan sejak di usia dini untuk mengenal Dunia lewat buku-buku yang mengajarkan hal-hal yang positif. Salah satunya adalah mengajarkan motivasi hidup, anak-anak tanpa bimbinga orang tua, akan berkembang sesuai dengan pengalamanya nanti, hal ini bisa menguras energi si anak, kalau kita tidak mau berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan.Dengan berbagi pengalaman dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada mereka , akan mempercepat pengetahuan dan tidak harus ikut merasakan pahit getir pengalaman orang tuanya. Kata orang tua dahulu, biarlah kami,orang-orang tua, yang berperang dan merasakan alam penjajahan , asal anak-anak kami bisa hidup dalam kebebasan dan kedamaian.Kita kembali ke tema “BELAJAR LEBIH DINI,LEBIH BAIK”, Sesungguhnya motivasi hidup yang paling kuat adalah motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri, kata-kata bijak, kata-kata motivasi dari para motivator terkenal sebagai suplemen dan pengingat saat kita sudah kehilangan motivasi hidup, atau sedang dalam keadaan susah payah untuk mencari pegangan untuk  supaya tidak putus asa, dalam mengarungi hidup. Salah satunya mari kita perkenalkan kepada anak-anak kita mengenai Komputer. 

CARA  KERJA  KOMPUTER 

Untuk mengenal lebih jauh, sebelum memulai menggunakan komputer, kita terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana sebenarnya komputer itu bekerja, untuk lebih jelasnya akan dibahas sebagai berikut dibawah ini:

I. Proses Kerja Komputer

Setelah semua hal diatas dipastikan tidak bermasalah komputer siap untuk dinyalakan . Langkah–langkahnya antara lain    :  

  • Nyalakan stavol yang terhubung  dengan UPS dan komputer
  • Tekan tombol power ( PU Riset) .

Tahapan-tahapan di komputer antara lain    :

1.Akan tampil dilayar  monitor BIOS “ Basic Input Output System “.BIOS akan bekerja melayani pergerakan data seputar komputer karena disinilah informasi system input di tentukan . Pada BIOS terdapat yang bernama, Power –On – selt- Test ( POST ). BIOS akan selalu aktif /hidup dalam chip “IC” yang disebut ROM ( Read Only Memory ) yang selalu mengontrol hardware yang terpasang sekalipun komputer dalam keadaan mati, karena disediakan batterai kecil  di Motherboard.Jenis –jenis  ROM BIOS :

         ROM  AMI BIOS

         ROM  ISA BIOS

         ROM  MR BIOS

         ROM  WIN BIOS   dll

BIOS sebagai tokoh yang bekerja dibalik layar , sedangkan tokoh yang bekerja  didalam layar adalah Windows . Untuk yang gemar mengotak –atik komputer,  menjadi pengalaman  yang menyenangkan bila sudah bisa mengistall program windows sendiri, memasang hingga meraki komponen komputer sendiri baik secara otodidak maupun belajar lewat kursus atau teman-teman yang sudah lebih paham, tapi harus hati-hati kadang terutama pada komputer- komputer tua sering kali setting BIOS ini berubah hanya karena mati listrik saja.

2.Power – On – Selt –Test  (POST ),Program POST akan dijalankan setelah BIOS aktif, dan akan melakukan test awal pada komponen dasar komputer. Bila terjadi ketidak sinkronan antara komponen maka akan muncul “ pesan error” misalnya bila kabel keyboard belum terpasang akan muncul “ keyboard error “ atau “ mouse error “ bila kabel mouse belum terpasang , atau  “ prosessor error” saat komponen didalam posessor  terkena debu  atau “ hardisk can not detec “ bila kabel data ke hardisk tidak terpasang dengan benar. Saat POST belangsung bisa di tekan “ F8 “ /dell  untuk  menyetel setingan, misalnya setingan booting , biasanya booting pertama di hardist  0 diganti ke CD Rom Drive  atau “ FDD” 1,44 mb untuk membuat disk  back up system , dll.

3.Loading System Operasi ( Windows , Linux , Machintosh ).Setelah proses booting , Post  dan dilanjutkan ke loading operasianal system  misalnya Windows .Ada 3 hal penting tentang system operasi  yaitu    :

         cara kerja system operasi ( kernel )

         file system  ( system 32 untuk windows )

         interface  ( shell )

Pada windows NT / XP , logging di simpan dalam direktory ( C=\Wint\ system 32 \ confiq \ ) file –file log ada di dalamnya termasuk file Apperent. Evt yang berhubungan dengan keamanan termasuk login, systeve mert.ert . yang mencatat semua kejadian berhubungan dengan system seperti  misalnya waktu shutdown. File-file ini bisa berbahaya bila listrik tiba-tiba mati berulang kali sehingga terjadi “ Corupted file system 32 “

Ketika sebuah program di install kedalam PC, maka akan dicatat pada sebuah system penanda registrasi ,file penanda ini disebut “ date time stamp “ yang berisi tanggal dan waktu dimana file tersebut pertama kali diakses, dimodifikasi atau di pindahkan.

FAT, NTFS dan Win FS mempunyai karakter tersendiri dalam melakukan pencatatan, penandaan dan mengumpulkannya menjadi sebuah informasi .

4.Mengoperasikan  Aplikasi Software.Setelah masuk ke windows maka fasilitas-fasilitas kerja yang bisa di pakai yang bersatu dengan komponen windows, yang telah di install belumlah lengkap, ibarat siswa sedang belajar, windows adalah ruang kelas, didalamnya  disediakan papan tulis dan meja-meja belajar, serta kursi-kursi. Sedangkan peralatan belajar seperti buku-buku tulis, buku-buku bacaan, dan guru yang mengajar harus disediakan, sebagai pendukung utama proses belajar. Didalam pogram  windows terdapat fasilitas-fasilitas antara lain :

  • Internet Explorer  ( untuk akses ke website internet )
  • Windows Media Player ( untuk memutar video  )
  • Explorer   ( untuk mengkopi file , memodifikasi, menyimpan,dll )
  • Control Panel ( untuk install dan remove program ,serta setting printer, modem fax, konfigurasi display layar, networking, dll
  • Display program “ start \ program \……..

Jadi komputer masih kosong kita harus menginstall program- program tambahan

Yang nantinya bekerja menempel atau istilahnya bergantung pada software utamanya windows.

Bersambung….

A N


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: