Posted by: @gust Nasihin | February 19, 2008

SOLUSI SUKSES DARI SEBERANG LAUTAN

Di Tanah Seberang, budaya lembur merupakan salah satu penyebab kesuksesan ekonomi dan bisnis dari beberapa negara yang disebut di atas. Tidak jarang ditemui betapa kantor-kantor dan pabrik-pabrik masih terang-benderang di tengah malam. Demikian pula dengan para murid sekolah yang masih sibuk dengan segala macam kegiatan mereka setelah lewat jam-jam sekolah. Mereka menganggap lembur adalah sesuatu yang wajar dan bahwa segala sesuatu yang baik hanyalah bisa diraih dengan ekstra kerja keras dan ekstra keyakinan teguh serta disiplin diri.

Mengapa mindset sukses sangatlah penting dalam meningkatkan efisiensi yang ujung-ujungnya bermuara kepada peningkatan produksi, revenue, dan gross domestic product (alias produktivitas nasional)? Ada beberapa alasan.

Pertama, mindset pada dasarnya adalah fondasi dari segala aktivitas dan perilaku. Jadi, dengan keyakinan mendasar bahwa diri kita adalah personifikasi dari sukses itu sendiri, maka segala bentuk perbedaan antara harapan dan kenyataan, terutama hal-hal yang menyebabkan timbulnya persepsi akan kegagalan dan kehampaan bisa dikikis dengan sendirinya.

Baik sebagai pebisnis maupun pekerja, alangkah baiknya apabila fondasi ini dipegang teguh, karena kebanyakan kegagalan bisnis maupun karir disebabkan oleh adanya kesulitan untuk melihat kenyataan bahwa sukses itu sudah ada di dalam diri, tinggal dikeluarkan saja. Bahwa dengan memandang diri maupun bisnis yang didirikan pada dasarnya adalah sukses, maka default state ini sangat meringankan kaki untuk melangkah.

Memang ini merupakan fondasi psikologis yang bisa diterapkan dalam kultur kerja institusi. Jelas makna “sukses” di sini belumlah bisa disamakan dengan profit numeris, namun merupakan awal dari kesiapan mental untuk bertempur.

Kedua, dengan berkaca kepada mindset ini, maka fondasi rencana-rencana kerja (planning) mempunyai dasar spirit manusiawi, sebagaimana diperkenalkan oleh Edward Deming yang dikenal dengan A System of Profound Knowledge. Sistem ini terdiri dari empat bagian: apresiasi sistem, pemahaman akan variasi, epistemologi (teori pengetahuan), dan pemahaman akan psikologi.

Dari keempat bagian tersebut, pemahaman akan psikologi merupakan dasar dari kesuksesan yang bersumber dari dalam (internal source) dan ini merupakan landasan yang paling jitu dalam segala bidang. Dimulai dengan prinsip “the right person for the right job at the right job” banyak perusahaan raksasa di Seberang yang bisa semakin meningkatkan mindset sukses mereka. Google adalah salah satu contohnya. Dengan prinsip berbisnis yang beretika tinggi, selalu berpikir out of the box, dan menggulirkan teknologi yang sudah ada di tangan dengan kreatifitas tinggi.

Untuk bisa menjalankan prinsip ini dan membawa mindset sukses ke tingkat yang lebih tinggi, sudah jelas Google sangatlah pemilih dalam proses perekrutan. Mereka tidak hanya menilai seorang kandidat dari segi intelektual dan interpersonal saja, namun terutama dari segi “masuk atau tidaknya” gaya kerja dan tingkat kreatifitas. Ini sangat riil dari sudut pandang mempertahankan mindset sukses di dalam sebuah insitusi.

Dan tampaknya strategi Google ini sudah terbukti ampuh dengan tingginya nilai saham mereka serta betapa banyaknya inovasi dalam bidang teknologi yang user-friendly dan menjadi pemimpin dalam pasar (market leader). Salah satu inovasi yang sedang dalam masa inkubasi adalah rencana mereka untuk menempatkan equipment di bulan untuk menangkap gambar dari luar angkasa.

Akhir kata, efisiensi kerja bisa ditingkatkan dengan mindset sukses. Ini bukan mitos, sudah terbukti dengan perusahaan-perusahaan meraksasa yang telah berhasil mengubah dunia. Tanpa mindset ini, mustahil bisa mempertahankan pencapaian, atau bahkan memulai sesuatu.

Ingat. Success is a mindset. It is not a journey, nor a destination. It is already within you. Sukses sudah ada di dalam diri kita sendiri, tinggal dibangunkan saja dari tidurnya.[]
Di kutif dari:http://www.jennieforindonesia.com/category/solusi-dari-seberang/
Jennie S. Bev adalah periset bisnis dan penulis lebih dari 70 buku elektronik dan cetak di Indonesia, AS, dan Kanada. Ia bisa dijumpai di JennieforIndonesia.com.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: