Posted by: @gust Nasihin | February 13, 2008

“BELAJAR LEBIH DINI, LEBIH BAIK!!!”

Komputer, sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pengetahuan komputer dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting, seiring dengan perkembangan jaman bahwa, komputer menjadi alat vital,misalnya di perkantoran dan Istansi emerintah,supermarket atau departmen store, Intansi Pendidikan, instansi perdagangan,dan lain sebagainya, karena itu salah satu usaha kita sebagai orang tua atau pun sebagai pendidik di sekolah-sekolah , baik di Perguruan Tinggi , SMA ,SMP dan bahkan adik-adik yang masih duduk di SD sekalipun wajib mengenal Komputer sejak dini.

Sejak awal kita memberikan pengajaran atau berupa fasilitas belajar untuk anak-anak, sangatlah penting. Bahkan menurut penelitian di bidang kesehatan, usia perkembangan otak sejak saat usia 1-5 tahun, alangkah baiknya sejak usia dini anak-anak sudah mengenal komputer,ataupun baru sekedar secara visual dan fisiknya saja, belum bisa mengerti program sekalipun, tak menjadi soal,sebab diusia dini daya ingat anak-anak sangat bagus,dan diharapkan nanti setelah masuk TK ataupun SD, mereka tidak merasa asing lagi dengan komputer.Karena itu berikanlah anak-anak tersebut mainan dengan pengenalan komputer,saat di SD mereka sudah bisa baca tulis,sehingga bisa dibimbing untuk mengoperasikan komputer, bahkan untuk anak SD kelas 4-5 sudah bisa mengoperasikan, plus mengotak-atik komputer. Untuk memandu mereka belajar komputer,perlu sebagai orang tua menyiapkan buku-buku motivasi belajar, sekaligus memberikan pengajaran,pengenalan mengenai komputer.

Naskah yang membahas mengenai sejarah, bagaimana komputer bekerja,pengenalan para penemu dan perintis dunia teknologi Informasi dan Komputer,kemudian pengenalan hardware komputer dan lain-lain. Diharapkan, anak-anak sejak usia dini bisa belajar dan bahkan di saat mereka lulus SD sudah bisa membongkar-pasang atau merakit sendiri komputer.Dibandingkan dengan saat-saat kita yang sekaran sudah di usia dewasa atau setengah tua,sudah terasa terlambat jika baru belajar komputer, atau bahkan belum pernah memakai komputer. Memang disesuaikan dengan lingkungan bisnis dan pekerjaan biasanya mempengaruhi seseorang tentang apa yang harus dipelajari,termasuk komputer.

Namun sebagai orang tua perlu mempersiapkan diri, untuk minimal, mengarahkan anak-anak untuk memilih profesi dewasa nanti, sudah menjadi  kewajikan kita untuk  memberi fasilitas , arahan serta bimbingan, ditambah MOTIVASI BELAJAR yang tinggi pada anak.Naskah yang menyediakan informasi sekaligus motivasi ,yang ditujukan pada anak-anak usia dini, sekalipun baru duduk di bangku SD, Sehingga nantinya diharapkan bisa dibukukan dan nantinya mampu menjembatani anak-anak didik, yang masih di SD untuk bisa segera mulai belajar , mengenal,mengoperasikan Komputer.

Bersambung…@gust Nasihin 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: