Posted by: @gust Nasihin | February 12, 2008

Teknologi IPTV telah datang

Seperti yang telah diberitakan di detik.com, bahwa telah datang teknologi TV baru dengan Teknologi Internet Protocol (IPTV) , hal ini akan menjadi era persaingan baru bagi TV kabel selama ini. Chief Technicer Ericsson, Hakan Eriksson, Senin Siang (12/2/200) pukul 13.00-13.30 waktu Barcelona (19.00 WIB) menegaskan bahwa Teknologi mobile broadband dan wireles network sudah meluas di masyarakat umum,selain itu dalam wawancara khususnya dengan detikINET, harian Kompas, Bisnis Indonesia dan The Jakarta Post, Eriksson pun menjabarkan bahwa faktor pendorong lain masuknya IPTV ke dalam kompetisi tersebut adalah kian banyaknya tertanam kartu atau chip High Speed Packet Access (HSPA) di notebook. Eriksson kemudian menjelaskan bahwa era teknologi Generasi ke-3 (3G) yang diusung oleh WCDMA/HSPA, TD-CDMA, EVDO maupun WiMAX perlahan akan segera tergantikan dengan era Generasi ke-4 (4G) dalam hal ini teknologi LTE pada tahun 2010.

LTE adalah Long-Term Evolution, yaitu sebuah evolusi dari standar mobile networkyang dirilis oleh 3GPP (Third-Generation Partnership project). dirancang dapat lebih efisien

dalam hal utilitias spektrum frekwensi yang digunakan, baik pada pita frekwensi nirkabel yang saat ini digunakan atau dimasa mendatang. Channel dengan bandwidth berkisar 1,4-20 MHz, yang didukung oleh produsen infrastruktur telekomunikasi dunia antara lain:Ericsson, Alcatel-Lucent dan Nokia-Siemens Network.

Peningkatan trafik data juga menjadi perhatian serius Ericsson. “Trafik data kini meningkat pesat, ketimbang trafik suara. Trafik data bisa 20 kali lebih besar daripada trafik suara, tetapi dengan 10 kali lebih efisien,” tambah Erikkson.

Untuk itulah, masih menurutnya, Ericsson melakukan berbagai bentuk pengembangan teknologi infrastruktur yang dimilikinya untuk mengadopsi kebutuhan pengguna, khususnya untuk trafik data.

“Kini HSPA bisa melayani 40 Mbps. Ke depannya, teknologi 4G akan bisa melayani 100 Mbps di wide-area atau 1 Gbps di indoor. Teknologi infrastruktur telekomunikasi selalu berevolusi setiap dekade (10 tahun – red.),” ujarnya yakin.

Ditandaskan pula olehnya, saat ini mungkin belum banyak yang butuh kecepatan 4G tersebut. Tetapi kedepannya, selalu ada hal yang kemudian akan mengoptimalisasi bandwidth di tiap generasi tersebut.

“Contohnya saat saya melakukan riset awal untuk 3G pada awal 1991, belum terpikirkan untuk apa nantinya. Dan ternyata Internet mulai berkembang pada tahun 1996. Dan akhirnya kini teknologi 3G bermanfaat untuk melayani kebutuhan trafik data Internet,” ujarnya.

Di kutip dari www.detikinet.com
 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: