Posted by: @gust Nasihin | January 25, 2008

Komputer dan Dimensi Waktu

Perkembangan ilmu komputer dan teknologi atau dikenal dengan IT, semakin maju. semenjak dirintis pertama kali oleh Babbage sebagai bapak komputer pertama kali. dari yang berukuran besar dan berton-ton beratnya sekarang komputer bisa dibawa kemana-mana malahan ada yang bisa dimasukan kedalam saku mirip handpone dan bisa akses internet.

zaman terus berubah seperti proses hidup karena hiduop sendiri adalah proses dan proses akan terus berlanjut sepanjang masa, berganti generasi namun berkesinambungan.

kita kembali ke masalah komputer, gimana kira-kira perkembangan dunia IT dimasa mendatang? wah ini seperti memprediksi sesuatu yang mungkin akan terjadi….

Pernah saya membaca majalah komputer PC CHIP yang keluaran 7 tahun yang lalu. rasanya luar biasa, kita membaca artikel disana yang menyatakan bahwa”besok akan beredar produk hand phone baru tipe xx dengan kelebihan xx, atau minggu depan akan keluar prosessor terbaru dari intel tipe xx dengan kelebihan luar biasa dan sebagainya, seolah olah kita masuk terbawa kemasa lalu sekitar th 2000, saya tersenyum dalam hati…

saya bahkan telah ada di 7 tahun yang akan datang yaitu 2007 (sekarang sudah lewat) dan saya menyaksikan perkembangan di tahun itu. semacam ada rasa dimensi waktu atau apalah seolah pemikiran film hollywood tentang mesin waktu itu benar-benar ada, bagaimana rasanya bila kita bisa masuk dunia kita saat SMP dulu, dan bertemu dengan dengan diri kita saat itu dan memberi tahu tentang sesuatu yang saat itu tidak tahu…wah bakalan heboh pasti. yang pasti itu mustahil dan waktu yang berlalu bukan milik kita lagi

Sekarang kita berfikir kemasa datang dan yang ada hubunganya dengan komputer misalnya :

1. Bidang Penduduk,

 sekarang ID penduduk pake KTP bersifat lokal lagi. suatu saat akan diciptakan ID penduduk berupa Chip yang ditanamkan pada tubuh seseorang yang berisi data lengkap mengenai jati diri sehingga tak perlu repot lagi lihat KTP karena dengan sistem scan maka data seseorang akan diketahui. dan tidak bisa dipalsukan

2. Bidang Imigrasi,

Sekarang masih pakai pasport yang berupa buku kecil, bisa hilang dan bisa dipalsukan. suatu saat akan diganti dengan Iendtifikasi Kornea mata, sehingga seseorang yang ingin bermigrasi kenegaralain cukup di scan matanya dan akan terdeteksi jati diri seseorang dan ini tidak bisa dipalsukan. sehingga keamanan dari teroris yang ingin merubah jati diri, berupa wajah, rambut atau penampilan , tidak bisa merubah graphic atau kode kornea mata .

3. Kesehatan

Dunia kedokteran sudah semakin canggih dengan alat alat pernafasan, jantung, paru-paru yang dijalankan dengan mesin kendali komputer, seperti yang terjadi pada mantan presiden RI Pak Harto. mungkin dimasa datang akan lebih canggih lagi misalnya tanpa peralatan mekanik melainkan bisa discan dan di defrag seperti layaknya hardisk komputer dengan sinar x .

atau mungkin terciptanya GEN baru seperti film HULK yang sangat perkasa? siapatahu.

atau ada sistem pengkloningan manusia , kita tunggu saja.

4. Bidang Ekonomi,

Dulu orang jual beli dengan barter , sekarang dengan uang kertas atau cash dan kartu kredit, mungkin di masa-masa datang cukup dengan teknologi chip tadi sudah termasuk data bank sehingga cukup discan tangan atau matanya sudah auto debet lagi. sehingga tak usah repot bawa uang atau pake kartu kredit lagi.

5. Bidang Militer

Akan ditemukan alat atas kendali satelit kemudian di salurkan ke bumi yang bisa menggambarkan keadaan muka bumi secara detail close-up dan bisa menembus dinding pembatas sekalipun sehingga apa yang terjadi dimuka bumi  bisa dipantau, cukup tekan screen dan di zom seperti di dalam komputer sekarang. may be..

6. Bidang Jasa Pengiriman Barang,

Sekarang sudah bisa mengirimkan email secepat kilat hanya dalam sekejab bisa nyampe dari Jakarta-Amerika, nah… mungkin masa datang akan bisa memindahkan barang secepat kilat layaknya cerita singgah sana ratu Balqis yang dipindahkan dalam sekejab ke negeri Sulaiman. Siapa tahu…..??

Dan masih banyak lagi yang jelas ada aturan di dunia standar komputer bahwa setiap 1,5-2tahun akan mengalami peningkatan kemajuan 2xlipat.

Jadi tidak menutup kemungkinan, yang sekarang masih mimpi suatu saat jadi nyata.

Nothing iposible if God need.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: