Posted by: @gust Nasihin | January 15, 2008

Buku-buku Best Seller!

Buku-buku Best Seller!

Dalam Pesta Buku 2004 di Istora Gelora Bung Karno, hanya buku-buku best seller yang benar-benar laris. Seperti tahun-tahun sebelumnya, IKAPI Cabang DKI Jakarta kembali menyelenggarakan pameran buku. Acara berlangsung selama sembilan hari, Sabtu (19/6) hingga Ahad (27/6), menyuguhkan berbagai buku bermutu yang murah meriah. Dalam pesta buku ini semua ruangan yang ada di Gelora, dari lantai satu hingga dua, terisi penuh.

Diikuti104 penerbit yang membuka 198 stan, ada pula stan yang memamerkan produk non penerbit di luar ruangan. Untuk menarik pengunjung, selain ada aneka diskon, pemilik stan juga menata buku-bukunya sedemikian rupa, dan dikelompokkan berdasar jenis bukunya agar mudah dilihat pengunjung. Menurut Kepala Devisi Promosi Gema Insani Press, Kusmanto, pihaknya juga mendatangkan para penulis buku. Sehingga, bisa berdiskusi langsung dengan pembacanya. Selain itu, secara berkala juga diselenggarakan acara bedah buku terlaris. ”Dengan cara begitu hampir tiap pengunjung menyempatkan diri datang ke stan kami,” katanya. Kusmanto mengakui, dalam pameran ini pun buku-buku best seller yang paling banyak diminati pengunjung. Antara lain,

Buku-buku remaja karya M Fauzil Adhim, seperti Agar Cinta Bersemi Indah, Saatnya untuk Menikah, Indahnya Pernikahan Dini, dan Di Ambang Pernikahan. Buku karya O Solihin dan Iwan Januar, yang berjudul Jangan Nodai Cinta juga mendapat sambutan hangat. Buku yang sudah bercetak ulang hingga lima kali ini hampir setiap hari diserbu pengunjung untuk membeli atau sekadar melihatnya.

Gema Insani Press mempunyai 15 judul buku yang laku keras. Bahkan ada yang sudah terjual lebih 100 ribu eksemplar. Di antaranya adalah Nama-nama Islam, Anda Bertanya Islam Menjawab, 1001 Hadis, dan Meraih Bening Hati dengan Manajemen Qolbu. ”Buku-buku itu betul-betul laris, bukan rekayasa,” tambahnya. Gema Insani memberikan diskon secara berfariasi. Buku-buku best seller, buku baru atau buku-buku laris lainnya, berdiskon 10 persen. Sedang buku yang segmennya terbatas, didiskon sampai 40 persen. Namun, bagi Anggota Kelompok Pembaca (AKP), Gema Insani memberi diskon hingga 25 persen untuk seluruh pembelian. ”Syarat menjadi anggota AKP hanya mendaftar ke stan dan membayar iuran anggota sebesar Rp 50 ribu per tahun.

Untuk buku-buku mahal yang harganya di atas Rp 1 juta, seperti Tafsir Fi Zhilalil Quran karya Sayyid Quthb, lanjut Kusmanto, Gema Insani memberi fasilitas dengan sistim kredit. ”Besar kecilnya tergantung penawaran,” tambahnya. Dalam pameran buku ini tampak ada perkembangan yang menggembirakan.

Buku-buku bernafaskan Islam dengan penerbit-penerbit baru bertambah hingga 30 persen. Diantaranya Hasanah Islam Al El Fanny, Pustaka Azzam, Serambi Ilmu Semesta dan Asy Syaamil. Dan pengunjungnya pun cukup luar biasa. Mereka biasanya datang berombongan dengan teman atau bahkan keluarga untuk membeli ataupun hanya untuk melihat-lihat buku-buku Islam. Buku-buku pengembangan kepribadian Islam dan tafsir paling sering dibeli.

Buku-buku keislaman dari penerbit Pustaka Darul Haq juga banyak diminati. Antara lain, Al Bidayah Wan Nihayah, Masa Khulafa’ur Rasyidin karya Ibno Katsir, Keluarga Idaman karya Dr A’idh bin Abdullah al-Qarni dan Fatwa-Fatwa Terkini karya Majmu’ah Minal Ulama.

Penerbit yang menempati stan nomor 25 tersebut juga memberikan paket sesuai tema dengan harga semurah mungkin. Antara lain, Paket Tauhid I yang berisi Kitab Tahuhid 1-3 dan Tauhid Prioritas Pertama dan Utama, yang seharusnya Rp 48 ribu dijual dengan harga Rp 29.100. Selain itu, apabila pengunjung membeli tiga paket sekaligus, diberi diskon hingga 45 persen. Diberikan pula voucer diskon 35 persen untuk setiap pembelian di atas Rp 100 ribu. Juga diberikan diskon khusus 50 persen untuk buku-buku tertentu.

Menurut salah seorang penjaga stannya, yang laku justru buku-buku yang best seller. ”Kemungkinan memang buku itu yang paling dibutuhkan. Sehingga, walaupun diskonnya kecil, tetap dibeli juga,” katanya. Buku-buku laris lainnya :

adalah karya-karya Yusuf Al-Qaradhawi seperti yang diterbitkan Pustaka Al Kautsar, seperti Bagaimana Berinteraksi dengan Alquran, Bagaimana Berinteraksi dengan Peninggalan Ulama Salaf dan Perserikatan Daulah dalam Perspektif Alquran. 

Pustaka Hidayah, antara lain Sufi-sufi Wanita, Maryam sang Perawan Suci, Yang Tak Tersentuh Api Neraka, Wawancara dengan Setan, Kalilah dan Dimnah, 80 Tokoh Pengguncang Dunia di Mata Iqbal, Menebus Dosa, Meditasi Sufistik, hingga Shalat di Mata Sufi.

Penerbit Diponegoro juga menampilkan buku-buku laris, seperti Ayat-ayat Larangan dan Perintah dalam Alquran, Alquran Terjemahan Sunda, Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, dan Alquran dan Terjemahan. Sedangkan penerbit Asy Syaamil mengandalkan buku-buku kepribadian Islam, seperti Menjadi Pemimpin yang Efektif dan Berpengaruh karya Jamal Mahdi, Menjadi Pribadi Sukses karya Dr Akrim Ridha, dan beberapa buku seri psikologi Islam.

Penerbit Republika pun sengaja menampilkan buku-buku terlarisnya saja. Antara lain, buku Manusia Pertama (Mitos dan Realita) karya Dr Abdul Shubur Syahmi dan Panduan Zakat karya Dr KH Didin Hafidhuddin.

Menurut IKPI DKI Jakarta Dra Lucya Andam Dewi, pihaknya memang sengaja menyelenggarakan berbagai agenda acara untuk menarik minat pengunjung, sekaligus memberi kesan bahwa acara ini bukan hanya pameran, tapi sebuah pesta buku. Selain itu, agar harga buku lebih terjangkau, penerbit mendiskon buku-buku yang akan dipamerkan dengan diskon yang menarik. Pesta buku ini juga untuk membudayakan gemar membaca. Dan, yang lebih penting lagi, tambah Andam, dalam pesta buku ini dapat terjadi komunikasi antara penerbit buku dan masyarakat, sehingga penerbit akan tahu buku apa yang diminati masyarakat. Diharapkan, melalui acara yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB tersebut juga bisa menjalin kerjasama yang erat antara pengarang, penerbit, bagian promosi hingga distributor buku.

(Republika. Minggu, 27 Juni 2004 : lukman hk )

Saya tambahkan versi buku-buku Bestseller lain :

Ilmu Menjadi Kaya (Wallace D.Wattles, 2005, Orang Gajian Bisa Kaya (Edy Zaqeus, 2006), Kalau kaya ngapain Takut Ngutang(Didik Darmanto,2006) Rahasia Sukses terbesar)jennie S.Bev,2006) Journey ro Past Lives(Natalia Sunaidi,2007) And Luar Biasa!!!(Eni Kusuma,2007) semua terbitan Bornrich Publishing & Fivestar Publishing.

Juga Resep cespleng berwiraswasta (Edy Zaqeus.Gradien, 2004),Resep Cespleng menulis buku Best Seller (Edy Zaqeus, Gradien 2005), Orang gjian Bisa Kaya (Edy Zaqeus ,Born Rich, 2006)

(Versi :https://goeswriting.wordpress.com)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: